Kali Gongseng 2 Kali Banjir


Selamat pagii semoga dapat berkah di hari ini bagi semua sahabat. Mengapa terjadi 2 kali banjir di kali Gonseng, selama sepuluh hari di bulan Desember 2011 ini?

Penulis mencoba menuangkan apa yang selama ini ada dalam masyarakat yang terkait dengan kali Gongseng. Untuk masyarakat kelurahan Pekayon nama ini belum banyak yang mengetahui, yang lebih banyak dikenal adalah kali Baru tepatnya samping jalan Raya Bogor, kalau arah dari kota Bogor menuju Jakarta posisi disebelah kiri jalan, ini dari Bogor sampai wilayah Cililitan.

Sedang kali Gongseng di Jakarta atau Map Google sudah ada, tapi masyarakat belum banyak yang tahu nama tersebut, padahal sumber utama sebagai hulu sungai ada di RW 02 kelurahan Pekayon melintasi RW 03, RW 01, RW 10 dan RW 06 lalu menuju kelurahan Cijantung RW 01, RW 11 …. dan seterusnya.

Peristiwa banjir di RW 02 Pekayon, memerlukan evakuasi masyarakat oleh SAR gabungan kelurahan, kecamatan Pasar Rebo, kota Adm Jakarta Timur bahkan tingkat provinsi DKI Jakarta. Karena DKI Satu Bapak Gubernur Fauzi Bowo dan staff, didampingi Walikota Adm Jakarta Timur Bapak Murdani, Ibu Camat Premilasari dan Bapak Lurah Gunawan meninjau lokasi, dilanjutkan ke RW 07 sekaliyan meninjau Situ Tipar (Depok Jawa Barat) karena posisi di atas RW 07 posisi air tinggal 10 cm dari permukaan.

Hal ini terjadi karena hujan begitu derasnya selama 2,5 jam lebih di daerah ini dan Depok Jawa Barat. Air luapan Situ Tipar akan mengalir melalui kali Cipinang, yang juga menampung air dari kelurahan Mekarsari Depok, ini sebagai sumber banjirnya RW 07 dan RW 04 kelurahan Pekayon.

Jawaban 1.) Banjir 1 Desember 2011, di RW 02 Pekayon tepatnya hulu kali Gongseng yang menyeberangi jalan Gandaria Raya di samping Poliklinik IKM, melalui RW 02 & RW 01 tembus di jalan Lapan ada jembatan dekat Komplek Zeni. Di Rw 02 kebetulan atau memang sengaja bulan Nopember 2011 baru dilaksanakan perbaikan selokan. Karena selokan baru dari tiga arah RW 02 depan (Air Mancur), RW 03 (Kuburan Bersama) dan dari PT Panasonic MI (sebagian) sangat lancar menuju kali Gongseng, sedang volume lorong kali belum berubah, ini lah salah satu penyebat terhambatnya air menyeberang dan masyarakat kebanjiran, yang sebelumnya tidak pernah terjadi.

Jawaban 2.) Kali Gongseng ini tahun 1970 kebawah sebelum datang Industri ke wilayah jalan Raya Bogor Sekitarnya, diperuntukkan pengairan persawahan padi atau palawija oleh petani dan penduduk setempat. Ikan-ikan lele, udang, gabus masih banyak dan mudah didapatkan oleh masyarakat di sini. Air masih jernih sekali memang di RW 03 tepatnya TK Ade Tia milik PT Panasonic Manufacturing Indonesia ada sumber Air Alami yang sampek sekarang masih mengalir jernih sekali. Namun karena banyak masyarakat pekerja pabrik industri yang sebagai perantau memerlukan temat tinggal sehingga tanah persawahan tersebut jadilah perumahan masyarakat, yang juga menghasilkan limbah rumah tangga yaang ikut berperan mencemari sungai kali Gonseng ini. Bahkan bantaran kali Gongseng yang aslinya orang dewasa tidak bisa melompati lebar sungai sekarang hanya dengan ancang-ancang satu meter bisa melompati sisi seberang sungai.

10 Desember 2011, Banjir kali Gongseng terjadi di RT 10 RW 11 kelurahan Cijantung yang menghanyutkan 2 Cewek klas 2 SMK, dan motor yang dikendarai sudah ditemukan, jam 21:00 malam itu, sedang korban sampai tulisan ini dibuat jam 08:00, 12 Desember 2011 belum ditemukan.

Semoga pemerintah dan masyarakat bisa memulihkan keadaan ini dengan menormalisasi keadaan sungai. Salam Berkah Sobat.

Tentang Haji Dwi Sugiarto

Bismillahi tawakkaltu alaullah. Rawe-rawe Rantas Malang-malang Putung. Bahagia bersama-Nya. Islam Nusantara itu Islam Rahmatan lil alamin. Salam Berkah Sobat.
Pos ini dipublikasikan di Technology dan tag , , , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s