Pemerintah Bubarkan Satgas Antimafia Hukum


Sebagai bahan renungan kita sobat, semoga bermanfaat.

Tugas Satgas Pemberantasan Mafia Hukum akan digantikan oleh lembaga baru yang tugasnya juga terkait penegakan hukum. Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Djoko Suyanto mengatakan, pemerintah tetap mempertahankan fungsi pemberantasan mafia hukum meski masa kerja Satgas Pemberantasan Mafia Hukum sudah selesai.

“Sudah selesai tugas Satgas. Nanti akan ada struktur baru, dan kini sedang digodok oleh Pak Kuntoro (Ketua Satgas). Jadi belum bisa disampaikan kepada publik bagaimana bentuknya, tapi fungsinya tetap,” kata Djoko ketika ditemui di komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (2/1) malam.

Ia menegaskan, fungsi pemberantasan mafia hukum masih diperlukan oleh pemerintah. Fungsi itu juga sangat membantu presiden, khususnya dalam hal penegakan hukum.

“Itu kan fungsi yang sangat membantu Presiden di dalam mencari apakah masih ada mafia hukum,” katanya seperti ditulis laman beritasatu.com.

Sesuai dengan Keppres 37/2009, tugas Satgas Pemberantasan Mafia Hukum dan berakhir pada 30 Desember 2011. Dalam keterangan akhir tahun kepada wartawan, Ketua Satgas PMH Kuntoro Mangkusubroto mengatakan, Satgas telah menerima sekitar 5.000 pengaduan masyarakat sampai dengan 23 Desember 2011. Sebanyak 4.401 pengaduan atau sekitar 89% telah dipelajari, sedangkan sisanya masih akan diselesaikan.

Sejauh ini, Satgas menggunakan anggaran melalui Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran dari Unit Kerja Presiden Bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan sekitar Rp9 miliar.

Penulis: Kristantyo Wisnubroto/Antara

Tentang Haji Dwi Sugiarto

Bismillahi tawakkaltu alaullah. Rawe-rawe Rantas Malang-malang Putung. Bahagia bersama-Nya. Islam Nusantara itu Islam Rahmatan lil alamin. Salam Berkah Sobat.
Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori dan tag , , , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke Pemerintah Bubarkan Satgas Antimafia Hukum

  1. Hati-hati, KKN sudah meng-urat dalm daging bangsa kita. Jangan sampai nasib Satgas ini menjadi seperti KPK, good work!
    salam kenal
    https://arebyne.wordpress.com/

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s