Mbah Google Membuat Pekerjaan Nggoleki Luwih Cerdas


Mbah Google memperbaiki diri dan terus berinovasi. Sekarang lebih mudah dalam pekerjaan mencari yang menggunakan fasilitas yang disediakan Google.

San Fransisco (AFP/ANTARA) – Perusahaan mesin pencari Google mengatakan telah memperbaharui peralatan pencariannya dalam mengenali kata-kata yang ditanyakan dan memahami apa yang diingini oleh pengguna internet.

Perusahaan yang berpusat di California itu mengatakan Google menambahkan kemampuan semantik yang secara otomatis memahami makna frase dan pertanyaan, sehingga memudahkan pencarian informasi yang diperlukan.

“Sekarang, pengertian kami sangat terbatas,” ujar seorang karyawan Google dan pengguna dalam jaringan veteran Amit Singhal dalam pesan yang dipublikasikan di jejaring sosial milik Google, Google+, Kamis.

“Coba tanyakan pada kami 10 danau terdalam di Amerika Serikat dan kami akan memberikan anda jawaban berdasarkan kata kunci, namun itu belum berarti karena kami mengerti apa itu kedalaman atau apa itu danau,” ujar dia.

Untuk membuat pencarian yang lebih cerdas, Google masuk ke dalam otak virtual dari pusat data pengetahuan Freebase berdasarkan apa yang dicari dan hubungannya satu sama lain.

Google juga mengakuisisi situs pengetahuan berbasis grafik itu yang berada di bawah naungan perusahaan asal San Fransisco, Mataweb Technologies, pada 2010 dengan jumlah yang dirahasiakan.

“Sejak itu, Freebase tumbuh dari 12 juta entitas dan atribut yang saling berhubungan menjadi lebih dari 200 juta,” ujar Singhal.

“Visi kami untuk grafik pengetahuan adalah sebuah perangkat yang bisa menciptakan lebih banyak pengetahuaan — siklus kreatifitas dan wawasan yang tak berakhir.”

Rumus pencarian dalam internet secara tradisional mengenal kata yang diketikkan di dalam kotak pertanyaan dan kemudian memberikan tautan situs yang berkaitan.

Google tidak mengungkapkan batas waktu bagi evaluasi kemampuan semantik itu.

Google secara terus-menerus mengubah mesin pencari dan pada Januari menjalin isi dari jejaring sosial miliknya dan layanan berbagi foto Picasa, dengan tujuan memberikan layanan pencarian terbaik.

“Search, plus Your World” memungkinkan orang mendaftar di akun Google untuk mendapatkan hasil terbaik termasuk kandungan isi yang disetujui untuk berbagi oleh anggota Google+ atau Picasa.

“Biarkan saya berkata bahwa setiap hari, kami meningkatkan kemampuan kami agar bisa menyajikan jawaban terbaik dari pertanyaan yang kamu ajukan secepat mungkin,” kata Singhal.

“Jadi tetap nantikan untuk perkembangan terbaru dari apa yang kami lakukan dan tentunya akan menjadi jalan yang panjang.” (rr)

Tentang Haji Dwi Sugiarto

Bismillahi tawakkaltu alaullah. Rawe-rawe Rantas Malang-malang Putung. Bahagia bersama-Nya. Islam Nusantara itu Islam Rahmatan lil alamin. Salam Berkah Sobat.
Pos ini dipublikasikan di Technology dan tag , , , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s