Nusantara ku Jaya dalam Damai


Indonesia adalah nama yang indah lagi dapat menggetarkan hati siapa saja yang dapat mengetahui lagi merasakan pelajaran yang ada didalam sejarahnya. Sungguh kreatif lagi penuh rasa tinggi nenek moyang bangsa Nusantara ini. Nusantara ada sejak jaman dahulu kala yang dirintis oleh kerajaan – kerajaan besar maupun kecil yang pernah dan masih berdiri kokoh di bumi Nusantara yang terdiri dari pulau-pulau, ber-suku-suku, banyak etnis dari asli bangsa Indonesia, bangsa China, bangsa Arab, bangsa Eropa dan lain-lain.

Nusantara istilah dirintis sejak jaman kerajaan Kutai (berpusat di pulau Kalimantan), kerajaan Syailendra (berpusat di pulau Jawa), kerajaan Sriwijaya (berpusat di pulau Sumatera), kerajaan Mojopahit (berpusat di pulau Jawa), kerajaan Demak Bintoro sebagai embrio kerjaan Mataram kuno maupun modern (berpusat di pulau Jawa), ini merupakan bukti kuat bahwa bangsa Indonesia pernah jaya di masa lalu. Dengan banyaknya peninggalan budaya (adat kebiasaan), prasasti, candi, kebiasaan dalam bercocok tanam, pengairan, berkumpul untuk musyawarah dalam mufakat, kumpul bersilaturohiem untuk selamatan dan lain-lain/

Dalam perkembangan tentang keyakinan di masyarakat sejak jaman dahulu mulai animisme, dinamisme, agama Hindu, agama Budha, agama Nasrani (Kristen atau Katholik), agama Islam dan keyakinan Khong Hu Chu dan lain-lain. Semua keyakinan itu berkembang tanpa kekerasan atau perang, berarti dalam “Kedamaian”. Karena kebijakan tokoh-tokoh masyarakat jaman dahulu yang mengedepankan tepo saliro, rukun agawe santoso dll., maka metode yang mereka pakai dalam berdakwah atau mempengaruhi masyarakat secara pelan=pelan tapi pasti sehingga kebiasaan lama terisi dengan hal yang baru tanpa menghilangkan kebiasaan “Baik” yang telah ada dan bermanfaat bagi masyarakat.

Tentunya pelajaran baik tentang budi pekerti yang telah ditanamkan oleh leluhur, tetap diajarkan kepada generasi sekarang ataupun generasi yang masa datang mulai pendidikan dini. Baik sekolahan formal ataupun informal seperti di PAUD, TK, SD, SMP/SLTP, SMA/SLTA, sampai perguruan tinggi. Semoga pendidik / guru dapat melaksanakan hal ini dengan baik dan konsisten. amin.

Salam Berkah Sobat.

Tentang Haji Dwi Sugiarto

Bismillahi tawakkaltu alaullah. Rawe-rawe Rantas Malang-malang Putung. Bahagia bersama-Nya. Islam Nusantara itu Islam Rahmatan lil alamin. Salam Berkah Sobat.
Pos ini dipublikasikan di Sejarah dan tag , , , , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s