Hidup dalam Kehidupan Pegunungan


Nusantaraku beraneka budaya dan seni kehidupan dalam masyarakat yang heterogen. Bumi nusantara terdiri dari banyak pulau yang sering disebut bumi kepulauan, di daratan terdiri dari banyak jenis pantai ada yang bisa untuk pariwisata, pantai karang dan terjal, pantai berpasir, pantai bakau untuk pencegahan abrasi, juga pantai untuk pelabuhan yang berfungsi menunjang kehidupan modern. Di daratan ada persawahan, perkebunan, kehutanan, lembah pegunungan, bukit-bukit terjal bahkan lereng-lereng pegunungan yan penuh bebatuan.

Sungguh Tuhan itu adil terhadap mahluknya, dimanapun disediakan bahan makanan yang dibutuhkan oleh ciptaan-Nya tanpa terkecuali. Siang ataupun malam selalu disediakan. Coba kita pelajari contoh kehidupan di suatu pegunungan. Kalau kita lihat dari langit saat kita terbang bersama pesawat terbang yang dibuat manusia, banyak terlihat kehidupan yang hijau lagi harmonis. Penulis berilustrasi sedikit tentang gaya hidup orang-orang pegunungan, berdasar pengalaman dimasa lalu yang suka kemping atau berkemah di lereng gunung Lawu, ataupun gunung Wilis, juga kemping di pegunungan Arjuna serta saat melewati hutan dalam perjalanan. Sepertinya sangatlah tentram lagi menyenangkan.

Ada sekelompok masyarakat yang rajin berkebun, bertani bahkan hanya mengandalkan hasil hutan untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari. Tentunya tugas para pejabat negaralah yang bisa membantu kesejahteraan mereka dan anak keturunan mereka dimasa yang akan datang.

Gagasan pendidikan tentang alam yang harmoni harus terus di tularkan dari generasi ke generasi sebagai pelestarian alam, sumber air untuk kebuthan masyarakat dibawahnya. Juga untuk kebutuhan udara segar dimasa sekarang maupun masa datang. Pengenalan dan pelestarian alam ini bisa siapa saja untuk disampaikan kepada semua lapisan masyarakat bawah, menengah ataupun masyarakat atas. Lestarikan Alamku demi masa datang yang lebih baik.

Salam Berkah Sobat. 

Tentang Haji Dwi Sugiarto

Bismillahi tawakkaltu alaullah. Rawe-rawe Rantas Malang-malang Putung. Bahagia bersama-Nya. Islam Nusantara itu Islam Rahmatan lil alamin. Salam Berkah Sobat.
Pos ini dipublikasikan di Kesehatan, Uncategorized dan tag , , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke Hidup dalam Kehidupan Pegunungan

  1. Ping balik: Kuasa Allah Semua Itu Bisa Terjadi Termasuk Di Glugu | Haji Dwi Sugiarto

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s