50 Tahun Emas Merpati Putih


Luar biasa 50 tahun bila dalam pasangan hidup adalah tahun emas, Banyu Murni akan sedikit menuliskan akan pengalaman dalam perjalan kehidupan ini bersama perkembangan Sang Merpati Putih, yang telah sedikit – banyak membantu pendewasaan diri perantau jiwan ini. Di jaman tahun 80 – an di daerah Karesidenan Madiun yang mana meliputi wilayah kota atau kabupaten Ngawi, Pacitan, Madiun, Magetan, dan Ponorogo sering sejarah menyebutnya daerah Mataraman, hal ini karena wilayah ini berkembang sejak jaman Mataram kuno.

Di dunia persilatan Nusantara ini, wilayah Mataraman telah tumbuh pesat perguruan pencak silat yang nota bene diprakarsai oleh orang – orang bijak dimulainya berorganisasi atau diajarkan di masyarakat Karesidenan Madiun. Diantaranya adalah Persaudaraan SETIA HATI, Perguruan Ikatan Keluarga Silat Putra Indonesia Kera Sakti, Kung Fu Pro Patria, Pencak Silat Tongkat Putih, Peguruan Silat Ki Ageng Pandan Alas dan masih banyak lagi.

Perguruan Pencak Silat Beladiri Tangan Kosong Merpati Putih di singkat PPS Betako Merpati Putih juga tumbuh pesat dipelajari oleh pemuda dan pemudi Madiun, special di wajibkan bagi pegawai negeri dan pengamanan Polisi Perhutani.  Juga tidak ketinggalan para pelajar untuk mempelajari beladiri ini. Kecintaan perantau jiwan terhadap Merpati Putih sejak tahun 80 – an karena begitu indah dan nikmatnya diajarkan beladiri dan pernapasan dan latihannya deket rumah, gratis lagi. Saat itu masih Sekolah Dasar terus mengikuti perjalanan waktu sampai SMP, SMA dan Kuliah di perguruan tinggi belajar – belajar – belajar tiada henti. Alhamdulillah banyak hal yang perantau jiwan pelajari sehingga bermanfaatlah sampai sekarang di kehidupan bermasyarakat riil.

Di PPS Betako Merpati Putih yang merupakan akronim Mersudi Patitising Tindak Pusakane Titising Hening, banyak diajarkan bagaimana mengenal diri melalui olah raga, meditasi, pembajaan sebagai pengenalan alam. Siapa rajin untuk mempelajari dan terus mempelajari akan mendapatkan pelajaran yang tepat dan benar, sehingga dapat bermanfaat dimanapun kita berada.

Dalam perkembangannya di tahun 2013 ini, telah mencapai hampir 50 tahun berdirinya PPS Betako Merpati Putih. Semoga Guru Besar, Pewaris, Dewan Guru, semua anggota Merpati Putih menjadi bijaksana dan waskito dalam menjalani pertumbuhannya yang sudah mencapai Manaca Negara. Amin.

Salam Berkah Sobat. Utama Mandiri Sejahtera Fiddunya wal Akherat.

Tentang Haji Dwi Sugiarto

Bismillahi tawakkaltu alaullah. Rawe-rawe Rantas Malang-malang Putung. Bahagia bersama-Nya. Islam Nusantara itu Islam Rahmatan lil alamin. Salam Berkah Sobat.
Pos ini dipublikasikan di Nusantara, Sejarah dan tag , , , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s