Keindahan Nusantara dan Business Kelautan


Banyu Murni, memperhatikan bumi pertiwi ini sangatlah kaya akan segala hal. Luas laut yang merupakan dua per tiga dari seluruh luas wilayah pemerintahanNKRI ini yang berdasarkan Pancasila. Hasil tambang minyak bumi sebagai BBM bahan bakar minyak yang dapat diambil dari dasar laut maupun daratan, selain itu banyak kekayaan yangberupa ikan untuk lauk pauk sebagai sumber protein penduduk dunia ini.

Sehingga sangatlah terkenal pelajaran yang diberikan para leluhur tentang laut, bahkan ada lagu nenek moyangku seorang pelaut. Hal ini menunjukkan jiwa pelaut yang tiada lelah berjuang untuk menghidupi keluarga dan masa depan bangsa ini. Banyak terbukti dengan diciptakannya jenis – jenis perahu atau kapal laut diantaranya Masyarakat Bugis, Masyarakat Tuban, Masyarakat Madura, Masyarakat Sunda Kelapa (Betawi), Masyarakat Cirebon  dan masyarakat pesisir pantai karena beribu – ribu pulau di tanah air tercinta in, sehingga ring disebut negara kepulauan.

Dengan kebiasaan yang berbeda – beda tersebut muncullah type jenis business yang bermacam – macam, yang pasti adalah nelayan, perikanan tambak ikan, pembuatan terasi udang ataupun ikan tentunya marketting tradisional maupun modern hingga system MLM multy level marketting secara online. Inilah yang menjadikan daya tahan sosio economy masyarakat Indonesia tercinta ini.

Dalam pembelajaran di masa sekarang ini sangatlah mudah lagi transparan untuk mengenal dan memahami keadaan Nusantara serta masyarakatnya. Media Informatin Technology dan segala jejaring social nya diantaranya Facebook, Google , Yahoo, Microsoft, MSN, Linked dengan perangkat Online lainnya. Serta saat ini budah sekali share hasil industry kelautan perikanan maupun tambang. Dan sangatlah mudah sekarang ini untuk memantau lay out atau map lokasi dan keadaan cuaca dengan Google Maps, Searching dengan Google Chrome dan lainnya, sehingga nelayan sudah dapat mengestimasi kapan perjalanan pelayaran itu dimulai.

Handphone, Ipads, Tabled, Smartphone dan lainnya dengan berbagai merk misalnya Blackberry, Samsung, Panasonic, NOKIA, Nexian dan lainnya ini sangat mempercepat transaksi marketting modern. Business perikanan ini dapat juga kembangkan secara online misalnya di tokobagus.com , toko bagus sebagai small business Indonesia saat ini, bahkan home shop. Semoga sedikit tentang bisnis ini menambah wawasan untuk lebih makmur lagi sukses. Amin.

Salam Utama Mandiri Sejahtera, perantau jiwan.

 

 

 

Tentang Haji Dwi Sugiarto

Bismillahi tawakkaltu alaullah. Rawe-rawe Rantas Malang-malang Putung. Bahagia bersama-Nya. Islam Nusantara itu Islam Rahmatan lil alamin. Salam Berkah Sobat.
Pos ini dipublikasikan di Nusantara, Technology dan tag , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s