Banyumurni menyimak Maulid dan Maulud


Banyumurni, dalam kehidupan yang serba indah lagi mempesona ini tersirat banyak pelajaran yang diberikan oleh ulama pendahulu kita dimasa lampau untuk kebijaksanaan dan kebaikan diri, masyarakat di masanya dan juga untuk generasi penerusnya. Sesuatu itu selalu ada hikmah yang dibawa untuk diberikan menjadi kebijaksanaan dalam bertindak atau melangkah selanjutnya secara arif bijaksana.

“Memperkokoh Persatuan Umat” sebagai tema dalam acara peringatan maulid Nabi Muhammad Saw, yang diprakarsai oleh PWNU dan PCNU se-DKI Jakarta 17 Maret 2013, pagi hari, di Jl. Talang Menteng Jakarta Pusat. Yang mana dihadiri oleh Sayyid Abbas Al Maliki (Ulama Makkatul Mukarromah), Prof. KH Said Aqil Sirod (Ketua Umum PBNU), KH Noor Iskandar SQ, Menteri Perumahan Rakyat Bapak Djan Farid (juga Ketua PBNU), Menteri Agama Bapak Surya Dharma Ali (Ketua PPP) dan masih banyak ulama-ulama lainnya.

Maulid di PWNU DKI

Ber-Sholawat

Banyumurni dalam majelis al-ihsan (baik tsb) menyimak dengan seksama nasehat Ketua PBNU Bapak Prof. KH Said Aqil Sirod, dalam ceramahnya beliau menyampaikan beberapa hal pelajaran penting untuk warga Nahdlatul Ulama (NU) khususnya umat islam pada umunya :

  1. Kalau ada yang mengatakan maulid itu bid’ah? Jawab saja : Bapak mengatakan ini dengan bahasa Indonesia, bukankah Nabi Muhammad Saw menggunakan bahasa Arab saat berkomnikasi dengan masyarakatnya bukan bahasa Indonesia.
  2. Apa yang di peringati saat maulid itu? Beliau terangkan, kalau maulid yang diperingati itu hari kelahirannya, sedangkan kalau maulud yang diperingati orangnya.
  3. Perlu ditingkatkan syarat untuk menjadi syuriah NU, misalanya : harus hafal maulid, Al Barzanji, Ad Diba’i, Sintudzdzurror dan lain-lain.
  4. Sebagai warga nahdliyyin, dikuatkan oleh beliau bahwa Nahdlatul Ulama itu Benar dan Paling Benar, alasannya : Ilmu para Ulama NU sohih (dapat ditelusur asal-usulnya), Sikap politik NU juga tegas dengan 4 (empat) Pilar Pancasila, UUD 1945, NKRI, Bhinneka Tunggal Ika. Ini sikap politik NU yang dianut untuk kemaslahatan umat dan manusia Indonesia khususnya, masyarakat bangsa-bangsa dunia pada umumnya.

Pembaca yang budiman semoga mendapatkan pelajaran yang bermanfaat bersama utama mandiri sejahtera memahami makna kata maulid dan manfaat bagi kita semua. Amin. Dalam pertumbuhan masyarakat modern yang penuh globalisasi ini sangatlah penting perhatian kita untuk diri kita, keluarga, masyarakat nusa bangsa yang berahlakul karimah. Bagi muslim dan muslimah sangatlah penting untuk selalu mengaji, berdzikir, tafakkur, SILATurahim dalam meningkatkan segala hal untuk kebahagiaan dunia akherat.

Tentang Haji Dwi Sugiarto

Bismillahi tawakkaltu alaullah. Rawe-rawe Rantas Malang-malang Putung. Bahagia bersama-Nya. Islam Nusantara itu Islam Rahmatan lil alamin. Salam Berkah Sobat.
Pos ini dipublikasikan di Nusantara dan tag , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s